RPL4rt

Inspirasi Yg Tinggi Membuatku Menjadi Hidup..

Home · Author · Portal · Versi Desktop · Twitter · About Us · Contact
Cara Instalasi Grails di Windows.docx

Cara Instalasi Grails di Windows

Cara Instalasi Grails di Windows | Selamat malam kawan, kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara menginstall grails di OS Windows, tetapi sebelum kalian menginstall alangkah lebih enaknya kalian mengenal tentang framework grails ini.. :D
Grails merupakan sebuah framework web yang dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Groovy diatas platform Java. Grails dibuat sebagai framework produktifitas tinggi dengan mengikuti paradigma "coding by convention" dimana developer bisa lebih fokus pada pembuatan aplikasi dan tidak direpotkan dengan bermacam-macam konfigurasi yang biasa ditemui pada framework lainnya.

Cukup sekian saja selayang pandang mengenai grails, untuk lebih lengkapnya akan saya bahas pada postingan selanjutnya. Untuk melakukan instalasi Grails, Anda harus memperhatikan beberapa hal, diantaranya adalah persyaratan instalasi. Persyaratan yang harus Anda penuhi sebelum menginstall Gails adalah:
  1. Anda harus sudah menginstall Java SDK 1.7 atau yang lebih tinggi. Saat saya melakukan instalasi, JAVA SDK yang saya gunakan adalah Java SDK 1.7.0_13.
  2. Konfigurasikan parameter JAVA_HOME ke folder instalasi Java SDK. Anda bisa menggunakan Environment Variables. Anda dapat mengaksesnya dengan memilih Start (button) - Computer – <klik kanan> – Properties. Kebetulan saya menggunakan Windows 7 (64 bit). Langkah-langkah yang akan saya tunjukan akan berlaku juga untuk Windows Vista, sedangkan untuk Windows XP sedikit berbeda, tetapi keseluruhan langkah-langkahnya akan sama. Perbedaannya hanyalah di dialog ‘Computer Properties’-nya saja. Setelah dialog ‘Computer Properties’ muncul, seperti yang diperlihatkan pada gambar 1 (lihat dialog di bagian belakang), pilihlah ‘Advanced system settings’ (bagian yang dilingkari merah). Selanjutnya dialog ‘System Properties’ akan muncul, lalu tekan tombol ‘Environment Variables’ (diberi lingkaran merah). Kemudian pada dialog ‘System Properties’ di bawah ‘User variables for %USER’ (sebagai contoh %USER di sini adalah Localhost) tekanlah tombol ‘New’ (lihat gambar 2). Isilah ‘Variable name’ dengan ‘JAVA_HOME’ dan ‘variable value’ dengan path ke folder instalasi Java SDK, sebagai contoh adalah ‘C:\Program Files (x86)\Java\jdk1.7.0_04′. Terakhir, tekanlah tombol ‘OK’ hingga semua dialog tertutup.
    Environment Variables di System Properties dipanggi dari Advanced System Settings di Windows 7 dan Vista
    Setting variabel JAVA_HOME di Environment Variables
Setelah Anda memastikan prasyarat di atas, langkah-langkah instalasi Grails di Windows adalah sebagai berikut:
  1. Download Grails versi terbaru dari http://www.grails.org/Download
  2. Ekstrak file tersebut ke 'c:\grails'
  3. Buatlah ‘Environment Variable’ GRAILS_HOME ke path folder dimana kita mengekstrak Grails, yaitu ‘c:\grails’
  4. Tambahkan %PATH% Windows ke %GRAILS_HOME%/bin dalam hal ini adalah ‘c:\grails\bin’
Setelah seluruh proses telah dilakukan, kita dapat mengecek apakah instalasi kita sudah benar atau tidak. Hal ini kita lakukan dengan memberikan perintah ‘grails help’ di command prompt.
Berikut contohnya :
Demikianlah cara menginstall grails, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan tuliskan pada kotak komentar. terimakasih..


Sumber : elmawardy

Belum ada komentar untuk "Cara Instalasi Grails di Windows"

Posting Komentar

Harap berkomentar sesuai dengan isi posting & komentar spam tidak akan ditampilkan.

Copyright © 2017 RPL4rt Powered by Blogger