RPL4rt

Inspirasi Yg Tinggi Membuatku Menjadi Hidup..

Home · Author · Portal · Versi Desktop · Twitter · About Us · Contact
Cara instalasi Laravel di Windows.docx

Cara instalasi Laravel di Windows

Cara instalasi Laravel di Windows | Selamat malam kawan, kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara menginstall laravel di OS Windows, tetapi sebelum kalian menginstall alangkah lebih enaknya kalian mengenal tentang framework laravel ini.. :D

Laravel adalah sebuah framework PHP yang masih muda, namun demikian Laravel terus naik daun dalam kalangan programmer web. Laravel dibangun dengan beberapa komponen dari framework Symfony yang terkenal itu, sehingga memiliki landasan yang kuat dengan kode teruji dan handal.

Cukup sekian saja selayang pandang mengenai grails, untuk lebih lengkapnya akan saya bahas pada postingan selanjutnya.

Kebutuhan Server :

Berikut kebutuhan minimun framework Laravel
  • PHP >= 5.3.7
  • MCrypt PHP Extension
Jika kebutuhan server sudah memenuhi kini tinggal kita melakukan instalasi framework Laravel, jika sahabat menggunakan bundelan dari XAMPP atau yang lainnya kemungkinan kebutuhan server sudah terpenuhi. Perlu diingat bahwa kita perlu terkoneksi ke internet untuk melakukannya.

Cara Instalasi :

Langkah 1 :
Instalasi Laravel di Windows terbilang cukup mudah dibandingkan dengan distro Linux. Sebelum melakukan instalasi Laravel ada baiknya sahabat mengecek apakah ekstensi openssl di php.ini sudah diaktifkan atau belum karena Laravel memerlukan ekstensi ini dalam mode CLI, jika belum silahkan buka php.ini untuk mengaktifkan ekstensi openssl dan cari tulisan ;extension=php_openssl.dll kemudian hilangkan tanda titik koma (;) didepannya dan simpan perubahan pada php.ini


Langkah 2 :
Langkah selanjutnya adalah kita memerlukan Composer untuk instalasi dan depensi manajemen framework Laravel, silahkan download Composer-Setup.exe terlebih dahulu dan install.

Pada gambar di atas lokasi PHP saya adalah di C:\xampp\php\php.exe, nah silahkan sesuaikan dengan lokasi PHP sahabat.


Langkah 3 :
Buka command prompt, kemudian pindah ke direktori htdocs dengan ketik cd C:\xampp\htdocs (silahkan sesuaikan dengan lokasi htdocs sahabat). Ketikan perintah di command prompt sebagai berikut untuk instalasi Laravel versi terbaru:

composer create-project laravel/laravel laravel/projectperatama --prefer-dist

Silahkan ganti projectpertama sesuai dengan keinginan sobat, sekali lagi perlu diingat bahwa sahabat perlu terkoneksi ke internet untuk melakukan instalasi.
Setelah instalasi selesai silahkan buka Laravel di lokasi C:\xampp\htdocs\laravel\projectpertama


Berhasil

Catatan: Jika sahabat sudah melakukan langkah 1-3, untuk berikutnya bila ingin menginstall lagi Laravel cukup lakukan langkah 3 saja. 

Sekarang kamu tinggal tes di browser dengan membuka url http://localhsost/laravel/projectpertama/public jika muncul gambar seperti di bawah berarti anda sukses menginstall laravel di windows anda.. :D
Selamat.. Semoga bermanfaat.. :)
nantikan artikel saya selanjutnya tentang Laravel :D

Sumber : http://catatanbelajar.com
 

1 Komentar untuk "Cara instalasi Laravel di Windows"

Harap berkomentar sesuai dengan isi posting & komentar spam tidak akan ditampilkan.

Copyright © 2017 RPL4rt Powered by Blogger