A.DASAR KOMPETENSI KEJURUAN
Merakit personal computer
1.Merencanakan kebutuhan dan spesifikasi
2.Melakukan instalasi komponen PC
3.Melakukan keselamatan kerja dalam merakit computer
4.Mengatur komponen PC menggunakan software (melalui setup BIOS dan aktifasi komponen system operasi).
5.Menyambung periferal menggunakan software
6.Memeriksa hasil perakitan PC dan pemasangan periferal.
Melakukan instalasi system operasi dasar
1.Menjelaskan langkah instalasi sistem operasi
2.Melaksanakan instalasi software sesuai Installation Manual
3.Mengecek hasil instalasi menggunakan software (sampling)
4.Melakukan troubleshooting.
Menerapkan Keselamatan,Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
1. Mendeskripsikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
2. Melaksanakan prosedur K3
3. Menerapkan konsep lingkungan hidup
4. Menerapkan ketentuan pertolongan pertama pada kecelakan
B.KOMPETENSI KEJURUAN
1.Rekayasa Perangkat Lunak (070)
Menerapkan teknik elektronika analog dan digital dasar
1.Menerapkan teori kelistrikan
2.Mengenal komponen elektonika
3.Menggunakan komponen elektronika
4.Menerapkan konsep elektronika digital
5.Menerapkan sistem bilangan digital
6.Menerapkan elektronika digital untuk komputer
Menerapkan algoritma pemrograman tingkat dasar
1.Menjelaskan struktur algoritma
2.Membuat alur logika pemrograman
3.Menjelaskan Data Flow Diagram (DFD)
4.Membuat diagram alir pemrograman
5.Menjelaskan varian dan invariant
6.Menerapkan pengelolaan array
Menerapkan algoritma pemrograman tingkat lanjut
1.Menjelaskan prinsip array multi dimensi
2.Menggunakan array multi dimensi
3.Menggunakan prosedur dan fungsi
4.Menggunakan library pemrograman grafik
Membuat basis data
1.Mengidentifikasi struktur hirarki basis data
2.Menjelaskan Entity Relationship Diagram (ERD)
3.Menerapkan normalisasi basis data
4.Membuat database management system (DBMS)
Menerapkan aplikasi basis data :
1.Menjelaskan jenis perintah SQL
2.Membuat table basis data
3.Menerapkan query pada basis data
4.Membuat form basis data
5.Menerapkan macro pada basis data
6.Membuat report.
Memahami pemrograman visual berbasis desktop
1.Menjelaskan IDE aplikasi bahasa pemograman
2.Menjelaskan objek aplikasi bahasa pemograman
3.Menjelaskan user interfase aplikasi bahasa pemograman
4.Menjelaskan tipe file
5.Menjalankan aplikasi
Membuat paket software aplikasi berbasis desktop
1. Menjelaskan menu aplikasi
5.Menyiapkan sistem computer
6.Mendemonstrasikan aplikasi
paket installer
7.Menyimpan installer aplikasi
8.Menghubungkan aplikasi
dengan basis data.
Mengoprasikan sistem operasi jaringan komputer
1.menjelaskan fungsi periferal jaringan komputer
2.Mengidentifikasikan ketersambungan jaringan
3.Mengoperasikan aplikasi jaringan
4.Melakukan pemutusan jaringan.
Menerapkan bahasa pemograman SQL tingkat dasar
1.Menjelaskan konsep pengoperasian bahasa pemograman (SQL)
2.Mempersiapkan perangkat lunak SQL
3.Mendeskripsikan menu aplikasi SQL
4.Membuat tabel
5.Mengoperasikan tabel dan tabel view
Menerapkan bahasa pemograman SQL tingkat lanjut
1.Menentukan formula pembentukan data dengan batasan waktu
2.Membuat prosedur dan fungsi
3.Menulis kode program pembangkit data dengan batasan waktu
4.Mengoperasikan trigger.
Menerapkan dasar-dasar pembuatan web statis tingkat dasar
1.Menjelaskan konsep dasar dan teknologi Webpage
2.Menjelaskan struktur dokumen HTML
3.Menambahkan objek pada web
4.Membuat tabel pada web
5.Membuat Link pada web
6.Menyimpan dokumen
7.Menguji dokumen.
Membuat halaman web dinamis tingkat dasar
1.Menjelaskan konsep pembuatan halaman web dinamis
2.Mempersiapkan lingkungan teknis
3.Membuat halaman web dinamis sederhana
4.Menambahkan fungsi-fungsi pada halaman web dinamis
5.Menguji halaman web dinamis.
Membuat halaman web dinamis tingkat lanjut
1.Menjelaskan konsep pemograman web dinamis
2.Mempersiapkan pembuatan aplikasi
3.Membuat web menggunakan bahasa script
Merancang aplikasi teks dan desktop berbasis objek
1.Menjelaskan dasar-dasar pemograman
2.Menerapkan fungsi
3.Menerapkan pointer
4.Menjelaskan class
5.Merancang aplikasi berorientasi objek
Menggunakan bahasa pemograman berorientasi objek
1.Menggunakan tipe data control program
2.Membuat class
3.Membuat inheritance, polimorphy, overloading, dan friends
4.Membuat interface dan paket
5.Mengkompilasi program berorientasi objek
Merancang program aplikasi web berbasis objek
1.Menjelaskan file I/O (input/output), tipe data dan variable pada java programming
2.Menjelaskan exception handling
3.Menjelaskan applet
4.Menerapkan konektivitas basis data
Membuat aplikasi basis data menggunakan SQL
1.Menjelaskan kebutuhan software
2.Membuat Entity Relationship Diagram (ERD)
3.Membuat Data Flow Diagram (DFD)
4.Mempersiapkan lembar kerja Basis Data
5.Menggunakan sintaks-sintaks khusus SQL
6.Membuat Query basis data
Mengintegrasikan basis data dengan sebuah web
1.Menjelaskan prosedur pengintegrasian sebuah basis data dengan sebuah situs web
2.Mempersiapkan basis data
3.Membuat login pada basis data
4.Membuat koneksi basis data pada web
5.Menguji konektifitas basis data pada web.
Membuat program basis data
1.Menjelaskan konsep pembuatan DBMS berbasis Client-Server
2.Menggunakan SQL
3.Menggunakan stored procedures
4.Menggunakan triggers
5.Menggunakan administrasi SQL
6.Menjelaskan struktur program aplikasi
7.Menerapkan SQL.
Membuat aplikasi web berbasis JSP
1.Menjelaskan kebutuhan software
2.Menjelaskan dasar-dasar JSP
3.Membuat aplikasi web berbasis JSP
4.Menyiapkan server untuk aplikasi web berbasis JSP
5.Menyimpan state (kondisi) ke dalam server dan client.
sumber : RPL SMKN 2 Semarang
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Kompetensi Jurusan RPL. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://rpl4rt.blogspot.com/2012/12/kompetensi-jurusan-rpl.html. Terima kasih!
Ditulis oleh:
Dika - Sabtu, 08 Desember 2012